Monday, August 28, 2017

KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA

8:21 AM

Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, salah satu peninggalan Kerajaan Aceh

Agama dan kebudayaan Islam semakin berkembang pada saat muncul kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam di Indonesia. Berikut ini beberapa kerajaan Islam yang pernah ada di Indonesia.

a. Kerajaan Perlak
Kerajaan Perlak berdiri pada tahun 840 Masehi. Kerajaan ini merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Lokasi Kerajaan Perlak berada di wilayah Peureulak, Aceh Timur. Raja pertamanya adalah Sultan Alaiddin Sayid Maulana Abdul Aziz Syah.

b. Kerajaan Samudera Pasai
Kerajaan ini terletak di sekitar Lhokseumawe, Nanggroe Aceh Darussalam. Samudera Pasai berdiri pada abad XIII Masehi. Raja pertamanya adalah Marah Silu yang bergelar Sultan Malik as-Saleh.

c. Kerajaan Aceh
Kerajaan yang terletak di Aceh ini berdiri pada abad XVI Masehi. Raja yang pertama bernama Sultan Ibrahim atau Ali Mughayat Shah. Kejayaan kerajaan ini terjadi pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda.

d. Kerajaan Demak
Kerajaan Demak terletak di pesisir pantai utara Jawa Tengah. Kerajaan ini berdiri pada tahun 1513 dan berakhir pada tahun 1546. Raja pertamanya bernama Raden Patah. Raja yang terakhir adalah Sultan Trenggono.

e. Kerajaan Mataram Islam
Kerajaan ini terletak di Kotagede, Yogyakarta, dan berdiri pada abad XVI Masehi. Raja pertamanya Sutawijaya (Panembahan Senopati). Raja yang terkenal, Sultan Agung.

f. Kerajaan Banten
Kerajaan ini terletak di pesisir utara Jawa Barat, berdiri pada tahun 1556 dan berakhir pada tahun 1580. Raja yang pertama, Hasanuddin. Raja yang terkenal Sultan Ageng Tirtayasa. Raja yang terakhir, Panembahan Yusuf.

g. Kerajaan Gowa-Tallo
Gowa dan Tallo berasal dari dua kerajaan di Makassar yang bergabung menjadi satu. Raja yang terkenal adalah Sultan Hasanuddin. Ia terkenal dengan julukan Ayam Jantan dari Timur.

h. Kerajaan Ternate
Kerajaan Ternate terletak di Maluku. Raja pertama yang memeluk Islam adalah Sultan Zainal Abidin. Masa kejayaan kerajaan ini pada masa pemerintahan Sultan Baabullah.

i. Kerajaan Tidore
Kerajaan Tidore terdapat di Maluku. Raja yang terkenal bernama Sultan Nuku.

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung, semoga bisa memberikan manfaat.
Tetap belajar dan berbagi di sini ya.... Silakan tuliskan komentar untuk artikel di atas.