Saturday, January 31, 2015

KECEPATAN CAHAYA, SEBERAPA CEPATKAH ?

9:34 PM

Saat matahari terbit, cahayanya memancar menerangi bumi. Tahukah kamu, cahaya yang kamu lihat saat itu sebenarnya cahaya matahari 8 menit 20 detik yang lalu. Mengapa demikian. Karena cahaya matahari membutuhkan waktu untuk sampai ke bumi. 

Kecepatan cahaya adalah 300.000 km/detik. Kecepatan 1 detik cahaya sama dengan kecepatan 7,5 kali mengelilingi bumi. Kalau begitu, manakah yang lebih cepat antara suara dan cahaya?

Cahaya lebih cepat daripada suara. Pada saat hujan turun, setelah kilat menyala, barulah 3-4 menit kemudian petir menyambar. Duaaarrrrr ! Terdengar suara pentir yang keras. Ini merupakan salah satu bukti bahwa cahaya lebih cepat daripada suara.

Selain itu, kita bisa tahu jika memotret dengan spektrum cahaya, bahwa cahaya terbagi menjadi cahaya yang bisa ditangkap oleh mata kita atau sinar tampak dan cahaya yang tidak bisa ditangkap oleh mata kita yaitu sinar sinar ultraviolet dan sinar inframerah.

Sinar ultraviolet terbentu dari suatu proses kimia yang kuat sehingga disebut juga sinar kimia dan digunakan untuk keperluan sterilisasi di dunia kedokteran. Dibandingkan sinar tampak dan sinar ultraviolet, sinar inframerah memiliki panas yang kuat sehingga disebut juga sinar panas.

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung, semoga bisa memberikan manfaat.
Tetap belajar dan berbagi di sini ya.... Silakan tuliskan komentar untuk artikel di atas.