Saturday, January 31, 2015

MENGAPA NASI PANAS LEBIH ENAK DARIPADA NASI DINGIN ???

9:03 PM

Makan dengan nasi hangat memang lebih menggugah selera daripada makan dengan nasi dingin. Apalagi makan di saat kita benar-benar lapar.

Mengapa makan nasi hangat lebih nikmat? Yuks kita intip rahasianya...
 
Kandungan utama nasi adalah amilosa dan amilopektin. Campuran amilosa dan amilopektin disebut dengan pati, oleh karena itu bahan dasar nasi sering disebut juga sebagai zat pati.

Yuks... kita intip apa yang terjadi di dapur saat beras di masak menjadi nasi. Beras terbentuk dari satuan rantai amilosa dan amilopektin yang kemudian menjadi pati beta. Penelitian menunjukkan, saat nasi dimasak, susunan rantai molekul air satuan rantai amilosa dan amilopektin tersebut menjadi tidak teratur dan mengendur. Oleh karena itu setelah nasi matang, makan ukuran nasi menjadi dua kali lebih besar.

Saat molekul air masuk ke zat pati, seketika itu juga nasi akan berubah menjadi pati alfa. Pati alfa bertekstur lembut, legit, berguna untuk melancarkan pencernaan, serta rasanya enak.

Namun pada saat dingin, kandungan cairan juga menipis dan nasipun memadat. Nasi ini disebut juga "nasi lama". Jika nasi yang tadiya hangat berubah menjadi dingin, struktur nasi yang tadinya pati alfa menjadi berubah menjadi pati beta, sehingga rasanya menjadi tidak enak. 

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung, semoga bisa memberikan manfaat.
Tetap belajar dan berbagi di sini ya.... Silakan tuliskan komentar untuk artikel di atas.